Senin, 25 April 2016

TUGAS 01 PENDIDIKAN GIZI


NAMA: ALINDA APRILASARI
NIM: 2013-32-039
SEKSI: 01

  1. Uraikan 4 elemen penting yang berkontribusi dalam efektifitas pendidikan gizi

a.   Fokus kepada perilaku: pendidikan gizi berfokus pada aksi spesifik dari individu dan praktik dan komunitas serta perilakunya hal yang penting untuk diri individu sendiri untuk masyarakat juga untuk tingkat social yang lebih tinggi. Perilaku ini juga bisa merujuk ke tujuan yang lebih besar terhadap nilai-nilai individu atau masyarakat
b.   Determinan perilaku: pendidikan gizi secara jelas mengidentifikasi factor-faktor yang mempengaruhi perilaku dari audiens yang memiliiki tujuan dan membuat modifikasi dari factor yang mempengaruhi ini (determinan atau mediator potensial dari perubahan perilaku yang diinginkan) tujuan utama dari interfensi pendidkan gizi tidak hanya semata-mat menyediakan informasi umum
c.  Penggunaan teori: pendidikan gizi menggunakan teori dan bukti untuk mendesain pendidikan gizi
d.    Durasi yang cukup dan pengulangan: pendidikan gizi mengikuti durasi yang cukup dan pengulangan terhadap perilaku pemilihan makanan dan kegiatan makan sendiri (juga aktifitas fisik) dan menggunakan jaringan yan berbeda untuk menyampaikan pesan dengan intensitas yang signifikan dalam periode waktu yang sesuai.
e.     Strategi: pendidikan gizi mengembangkan strategi untuk merujuk kepada determinan yang telah teridentifikasi dari perilaku atau mediator potensial perubahan dan konteks lingkungan pada berbagai level pengaruh

    2.  Apa yang dimaksud dengan “perilaku berfokus” ?

Pendekatan perilaku berfokus berarti hasil yang diinginkan adalah perubahan dalam perilaku,      pola perilaku atau kebijakan. Hasil jangka panjang yang diinginkan adalah peningkatan dibidang kesehatan atau kualitashidup untuk individu, masyarakat atau keduanya. Contoh jika intervensi bertujuan untuk menurunkan resiko kanker dan penyakit kardiovaskular maka akan terfokus pada  pola perilaku yang melibatkan makan buah, sayur, gandum utuh lebih banyak dan mengurangi makanan dengan lemak jenuh yang tingi. Perilaku spesifik yang dituju diidentifikasi dari kebutuhan, persepsi dan keinginan dari audiens yang memiliki tujuan, juga dari tujuan kesehatan dan gizi nasional serta penemuan penelitian ilmu gizi. Perilaku harus bertujuan dan disusun berdasarkan konteks social dan lingkungan. Focus kepada perilaku spesifik individu atau pola perilaku dan praktik masyarakat sangat penting sekarang karena mempromosikan kesehatan dan mengurangi penyakit kronis dan obesitas telah menjadi tujan utama dari pendidikan gizi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar