NAMA: ALINDA APRILASARI
NIM: 2013-32-039
SEKSI: 01
- Uraikan 4 elemen penting yang berkontribusi dalam efektifitas pendidikan gizi
a. Fokus
kepada perilaku: pendidikan gizi berfokus pada aksi spesifik dari individu dan
praktik dan komunitas serta perilakunya hal yang penting untuk diri individu
sendiri untuk masyarakat juga untuk tingkat social yang lebih tinggi. Perilaku
ini juga bisa merujuk ke tujuan yang lebih besar terhadap nilai-nilai individu
atau masyarakat
b. Determinan
perilaku: pendidikan gizi secara jelas mengidentifikasi factor-faktor yang
mempengaruhi perilaku dari audiens yang memiliiki tujuan dan membuat modifikasi
dari factor yang mempengaruhi ini (determinan atau mediator potensial dari
perubahan perilaku yang diinginkan) tujuan utama dari interfensi pendidkan gizi
tidak hanya semata-mat menyediakan informasi umum
c. Penggunaan
teori: pendidikan gizi menggunakan teori dan bukti untuk mendesain pendidikan
gizi
d. Durasi
yang cukup dan pengulangan: pendidikan gizi mengikuti durasi yang cukup dan
pengulangan terhadap perilaku pemilihan makanan dan kegiatan makan sendiri
(juga aktifitas fisik) dan menggunakan jaringan yan berbeda untuk menyampaikan
pesan dengan intensitas yang signifikan dalam periode waktu yang sesuai.
e. Strategi:
pendidikan gizi mengembangkan strategi untuk merujuk kepada determinan yang
telah teridentifikasi dari perilaku atau mediator potensial perubahan dan
konteks lingkungan pada berbagai level pengaruh
Pendekatan
perilaku berfokus berarti hasil yang diinginkan adalah perubahan dalam
perilaku, pola perilaku atau kebijakan. Hasil jangka panjang yang diinginkan
adalah peningkatan dibidang kesehatan atau kualitashidup untuk individu,
masyarakat atau keduanya. Contoh jika intervensi bertujuan untuk menurunkan
resiko kanker dan penyakit kardiovaskular maka akan terfokus pada pola perilaku yang melibatkan makan buah,
sayur, gandum utuh lebih banyak dan mengurangi makanan dengan lemak jenuh yang
tingi. Perilaku spesifik yang dituju diidentifikasi dari kebutuhan, persepsi
dan keinginan dari audiens yang memiliki tujuan, juga dari tujuan kesehatan dan
gizi nasional serta penemuan penelitian ilmu gizi. Perilaku harus bertujuan dan
disusun berdasarkan konteks social dan lingkungan. Focus kepada perilaku spesifik
individu atau pola perilaku dan praktik masyarakat sangat penting sekarang karena
mempromosikan kesehatan dan mengurangi penyakit kronis dan obesitas telah
menjadi tujan utama dari pendidikan gizi
Tidak ada komentar:
Posting Komentar